Makna Sebuah Pesta

Pencontrengan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden sudah dilakukan, pilihan sudah ditetapkan. Banyak cerita, banyak suka dan duka, dan rupanya masih menyisakan sekian pekerjaan bagi mereka yang bekerja di dunia ini, termasuk para tim pendukung masing-masing pasangan.

Apa makna/hikmah dari acara yang dikatakan sebagai Pesta Demokrasi di bumi tercinta ini? Tentunya masing-masing berhak memilikinya, sesuai kepentingan, keberpihakan, dan tentunya cara pandang tentang pemilu dan kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri ini.

Ada satu hal yang saya catat, yaitu bahwa rupanya segala kekurangan atau ketidaksempurnaan yang selama ini ditimpakan kepada KPU, tidak seratus persen seharusnya ditanggung oleh lembaga ini, setidaknya menurut pendapat pribadi penulis.

Menjadi anggota KPPS memberikan kesempatan untuk dapat mengetahui salah satu makna pentingnya tertib administrasi (kependudukan) adalah ketika kita berniat menyalurkan aspirasi dengan itikad baik menjadi warga negara yang baik dengan cara datang ke TPS untuk menunaikan hak pilih. Ketika proses pengurusan KTP tidak dilakukan dengan tertib, dimulai dengan permintaan ke RT, RW, dst, maka jangan heran kalau nama kita tidak muncul di DPT, atau NIK kita tidak runut sesuai pola/pengkodean yang berlaku.

Maka, rasanya tidak ada kita memulai dari diri sendiri, sesegera mungkin untuk lebih tertib dalam urusan kependudukan ini, supaya kita tidak kehilangan kesempatan seperti ini lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s