Macet di Panorama-Ledeng-Bandung

Dear Netter, anda yang sering berkunjung ke Bandung akan merasakan suasana lalu lintas yang semakin lama semakin tidak nyaman, semakin semrawut, tidak tertib. Kemacetan, terutama di akhir pekan, dengan berdatangannya kendaraan dari luar kota (terutama Jakarta dan sekitarnya) menambah parah kondisi lalu lintas kota yang dijuluki Paris van Java ini.

Tanpa bermaksud menggurui, tulisan ini dibuat sekedar menyalurkan apa yang ada dalam pikiran, semoga dapat menjadi pertimbangan dalam pengaturan lalu lintas Kota Bandung. Bagi saya pribadid, yang paling terasa mengganggu adalah kemacetan yang disebabkan tidak teraturnya arus lalu lintas di persimpangan Setia Budi – Panorama (gambar 01).

Kondisi paling parah dapat menyebabkan pengaruh kemacetan sampai ke simpang Setia Budi- Cipaku di atas, dan Simpang Geger Kalong di bawah (gambar 02).

Kenapa mengganggu? Karena penyebab utamanya adalah tidak adanya keteraturan perilaku pengguna jalan. Kendaraan baik motor maupun mobil dengan seenaknya mengambil hak orang lain, biasanya terutama kendaraan dari arah atas (Lembang) menuju bawah (Bandung) yang akan berbelok ke arah Jl Geger Kalong Hilir (arah Pesantren Daarut Tauhid) yang seringkali mengambil jalur kanan, walaupun sudah bukan haknya lagi. Hampir semua jalur terisi oleh kendaraan dari arah atas (gambar 03). Ditambah lagi dengan angkutan kota (Angkot) yang menunggu penumpang (ngetem) di pojok simpang tersebut (gambar 04).

Tepi memang tidak cukup sampai di sini. Harus ada, dan mestinya ada solusi yang bisa diambil oleh pihak berwenang untuk mengatur lalu lintas di titik ini supaya kemacetan sedikit demi sedikit dapat diatasi sebelum menjadi parah dan membutuhkan biaya besar untuk mengatasinya.

Mengingat karakter sebagian pengguna jalan yang masih belum bisa mengatur dirinya sendiri, maka memang perlu sedikit \’pemaksaan\’ pengaturan lalu lintas. Mungkin perlu diberikan pembatas jalan di bagian ini supaya pengendara dari atas tidak belok sembarangan ke arah Geger Kalong, atau pengemudi dari Panorama tidak \’nyebrang\’ ke Geger Kalong atau sebaliknya, dan juga supaya kendaraan lebih terarah, tidak mengambil jalur orang lain supaya bisa lebih tertib lagi.

Sekali lagi, semoga tulisan ini ada manfaatnya… Wass…..

(thanks to Google Earth for the map)

gambar 01 – key plan

Gambar 02 – Pengaruh Kemacetan

Gambar 03 – Arah Sirkulasi

Gambar 04 – Titik Kritis

One thought on “Macet di Panorama-Ledeng-Bandung

  1. Setuju Kang, daerah itu memang sering kacau. Sebaiknya Dinas Perhubungan dan Bina Marga Kota Bandung jangan membiarkannya menjadi semakin parah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s