The Magic Button “Master Reset”

Mungkin ada diantara para netter sekalian yang mengalami pesawat telepon genggam-nya (HP) mengalami kondisi ‘lambat’ atau susah akses, dll. Jangan panik dulu, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan ‘master reset‘.

Me-reset ke-master berarti mengembalikan kondisi HP kita ke kondisi awal (default) ketika baru dibeli dari pabrik. Dengan demikian maka semua aplikasi yang sudah terinstall akan terhapus. Prinsipnya hampir sama dengan ketika kita meng-format ulang hard disk komputer kita, kemudian meng-install os (operating system) bawaannya, tanpa instalasi bermacam software tambahan. Tentu akan terasa bedanya dengan ketika HP kita dipenuhi aplikasi-aplikasi yang menyita memori.

Yang tidak boleh dilupakan adalah mem-back up phone book (beberapa HP ada fasilitas back up ini), dan men-save-nya ke external memory. Jika diperlukan, sms yang penting (bukti komunikasi dengan klien misalnya) juga harus di-back up dulu, demikian juga setting-an internet account, dll.

So, jangan panik duluan ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s