Hikmah Dari Tanaman (2)

…..Setelah berdebat sendiri, akhirnya saya putuskan untuk menulis tulisan ini di blog….

Ternyata, begitu banyak yang bisa kita petik hikmahnya dari apa-apa yang ada di sekeliling kita. Salah satunya adalah tanaman. Ya, tanaman….

Saya masih sering mengamati beberapa tanaman yang ada di teras rumah. Ada hal menarik dari tanaman-tanaman ini yang bisa kita kaitkan dengan perjalanan hidup kita.

Ketika tumbuh daun baru, dia tumbuh di bagian tengah, terlindungi batang/bagian dari daun yang tumbuh terakhir, sampai akhirnya batang daun tersebut cukup kuat untuk menopang sang daun. Daun baru yang muncul perlahan tapi pasti, lemah, lembut, masih perlu perlindungan. Sang ‘kaka’ menjaga dia sampai bisa mandiri, menopang sang ‘adik’ supaya terlindungi dari kemungkinan terkena benturan yang dapat menyebabkan batang rapuhnya patah.

Sementara itu, daun-daun awal yang tumbuh dan berperan sangat penting dalam masa kritis, ketika tanaman keris papua ini dalam perjalanan dari Papua ke Bandung, batangnya mulai terlihat agak kecoklatan, daunya terlihat jauh lebih kecil dibanding daun baru yang tumbuh belakangan, dan terlihat layu, siap berpisah dengan ‘aik-adik’-nya yang baru tumbuh.

Bisa seperti itukah kita sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa ini berperan, saling menolong, saling melindungi, saling memberi dengan ikhlas…

2 thoughts on “Hikmah Dari Tanaman (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s