Jalan Braga (masih terus) Diperbaiki

Rabu, 04/03/2009 14:55 WIB
Pedagang: Kapan Braga Akan Selesai?
Iwan Kurniawan – detikBandung

Bandung – Perbaikan jalan Braga yang tidak kunjung selesai sehingga mengundang beberapa pendapat warga yang berdagang di daerah tersebut. Pertanyaan, keluhan sekaligus harapan kerap muncul dari mereka.

Misal, Heri, laki-laki berusia 30 tahunan itu mengeluh dengan pembangunan jalan Braga yang tidak kunjung selesai. Menurutnya jalan yang selalu diperbaiki sedikit mengganggu usahanya. Tokonya menjadi tidak ada tempat parkir untuk pengunjung. Pengunjung terpaksa parkir jauh dari lokasi toko.

“Kemarin-kemarin tidak bisa parkir. Sekarang perbaikan jalan sudah tidak di depan toko kami lagi,” ujar Heri yang sudah 12 tahun berdagang lukisan.

Ia termasuk orang yang setuju terhadap pembangunan jalan Braga. Menurutnya jika jalan Braga telah selesai dibenahi, maka dapat membawa perubahan kepada pedagang. Pengubahan material jalan dari aspal menjadi batu andesit, dapat membuat jalan Braga berbeda dengan jalan lainnya di Bandung.

“Jalan batu-batu ini dapat menjadi ciri khas jalan Braga, yang membedakan dengan jalan-jalan lainnya,” ujar Heri kepada detikbandung di Jalan Braga, Rabu (4/3/2009).

Burhan, pedagang asongan yang biasa berjualan di jalan Braga mengungkapkan dirinya tidak setuju dengan pembangunan jalan Braga dari aspal menjadi batu. Menurutnya selama jalan Braga masih dilalui mobil maka jalan Braga akan jadi cepat rusak dan harus dibetulkan lagi.

“Ujung-ujungnya pasti proyek perbaikan jalan lagi,” ketusnya.

Ketua Paguyuban Warga Braga, David Bambang Soegiono mengatakan perbaikan jalan Braga yang berlarut-larut sangat mengganggu para pengusaha kawasan Braga. Menurutnya kondisi para pengusaha di kawasan Braga sedang sekarat, sekarang disuruh berkorban lagi dengan pembangunan jalan Braga.

Ia mengatakan memerlukan revitalisasi untuk kawasan Braga agar dapat hidup kembali. Membutuhkan skenario besar untuk merevitalisasi kawasan Braga. Menurutnya hal yang harus dibenahi kawasan Braga saat ini adalah membenahi usaha-usaha yang ada di kawasan Braga, bukan perbaikan infrastuktur.

“Visi kami benahi dulu sektor usaha, dengan rencana yang panjang dan dibagi dalam rencana-rencana jangka pendek. Kalau membenahi infrastruktur, maka hanya akan membebani pengusaha yang sedang sekarat,” ujarnya.

Sampai saat ini, jalan braga tidak kunjung usai. Dana Rp 1,8 miliar sudah habis untuk membenahi jalan yang panjangnya 350 meter itu. Sejak dipasang sekitar Desember 2008, batu andesit itu selalu retak dan pecah.

2 thoughts on “Jalan Braga (masih terus) Diperbaiki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s