Facebook: Kembalinya Masa-Masa Remaja

Oleh pinardi – 24 Februari 2009

Jaringan Sosial Facebook dan bentuk lainnya: Friendster, Plaxo, EdLink dll sudah lebih dari 5 tahun di kenal masyarakat internet di seluruh dunia, tetapi khusus untuk facebook , di Indonesia baru berkembang tumbuh pesat untuk kami-kami yang sudah berusia 30 tahun ke atas sejak era mobile facebook (kurang dari 1 tahun).

Yang menjadi ciri khusus facebook; adanya keberanian para pengguna untuk menggunakan data profile asli, baik untuk nama diri dan ditail pribadi lainnya (tanggal lahir dan nomor hand phone). Walaupun mulai ada tulisan bermunculan mengenai bagaimana menyikapi jaringan sosial ini. Beberapa hari ini artikel bahaya akan facebook mulai bermunculan baik di media on-line ataupun media cetak: di mulai dengan adanya inpersonifikasi (penggunaan nama seseorang di dunia maya dan bersikap seperti orang tersebut) atau terjadinya keretakan keluarga atau pasangan akibat tidak cocoknya data profil dengan aslinya.

Dengan data dirinya yang asli, kami yang kini berusia di atas 30 tahun, merasakan kembalinya ingatan masa-masa kecil: 15-30 tahun yang terlewat seperti kembali lagi. Kecerian kami ketika mengalami masa-masa puber ataupun masa remaja seolah-olah kembali, ikatan sosial yang rasanya pernah kami miliki jadi sebuah ikatan bathin: hadir dan bangkit kembali.

Mengapa ikatan batin pada masa itu kembali, mengalahkan ikatan sosial saat ini: rekan-rekan kerja atau rekan satu perkumpulan. Atau mungkin kami semua saat ini memang sudah menjadi manusia tanpa rasa sosial, ikatan kerja sebatas selesainya tugas kerja, baik sebagai atasan maupun bawahan. Ikatan sosial atau batin tidak terbentuk di lingkungan kerja, rasa ingin menolong atau meminta perlindungan tidak ada pada jiwa-jiwa kami saat ini.

Dunia remaja memang tempat kami berbagi dan mengikatkan hati di antara kami. Kami berbagi dalam kesulitan, siap bertarung walaupun kami tahu itu tidak benar. Kami mampu menaklukan dunia demi kebersamaan, mampu bergabung menjadi kekuatan luar bisa: siap berbagi dan siap menolong. Sudah saatnya rasa ikatan batin dan sosial diwujudkan antara kita pada saat ini dan masa sekarang tidak terbelengun dengan ikatan lama. Jangan sampai ikatan maya ini menjadi lebih nyata dari pada sikap kita terhadap tetangga atau sikap kita terhadap keluarga sendiri: anak dan teman hidup kita.

sumber: http://public.kompasiana.com/2009/02/24/facebook-kembalinya-masa-masa-remaja/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s