Oknum polisi ‘ngerjain’ copet?

Hari Minggu sore kemarin, sambil santai ngulik komputer, saya lihat di salah satu TV swasta ada acara berjudul Redaksi Kontroversial, membahas tentang dunia copet di salah satu kota terkenal di propinsi yang ada di Pulau Jawa.

Di acara itu disebutkan bahwa copet-copet yang beroperasi di kota tersebut sedang ‘resah’. Bahkan ada sebagian diantara mereka yang tidak bisa bertobat karena terjebak di dunia ‘hitam’ tersebut.

Selidik punya selidik, ternyata penyebabnya adalah adanya pemerasan dari beberapa oknum polisi di kota tersebut. Ketika melakukan pemerasan, bahkan kadang tidak segan-segan mengancam dengan memperlihatkan senjata apinya. Bagaimana mungkin sang pencopet bisa diperas? Ya modus operandinya adalah ketika tertangkap, minimal Rp 500.000 harus mereka keluarkan untuk bisa bebas. Jika mereka memiliki barang bukti, maka biaya ‘tebusan’ bisa lebih besar lagi, hingga jutaan rupiah.

Sang oknum polisi yang diwawancarai oleh reporter tv tersebut mengatakan bahwa itu dilakukan untuk menambah uang bensin dan pulsa, karena biaya operasional dari kantor tidak mencukupi, alasannya. Sungguh sangat ironis sekali. Sang oknum tersebut juga mengatakan bahwa memang para pencopet harus ditindak tegas! Dengan dijadikan ‘sapi perahan”? Sungguh terlalu!!!…

Yang lebih menyakitkan adalah ketika pejabat di markas kepolisian setempat mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan praktek pemerasan seperti itu terjadi. Dan jika terbukti seperti itu, maka tindakan tegas akan ditimpakan kepada oknum polisi tersebut.

Kalau saja beritanya ada di program infotainment… bisa jadi hal tersebut adalah isu, gosip yang belum tentu kebenarannya… Akan tetapi melihat judulnya saja sedemikian meyakinkan, ditambah dengan para nara sumber yang diperlihatkan di situ. Rasanya kok ya……????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s