Keris….

Mendengar/membaca tulisan ‘keris’, tentu identik dengan senjata yang dipergunakan zaman kerajaan dahulu, yang sekarang banyak diburu oleh para kolektor….

Akan tetapi, ada jenis keris yang tidak bisa difungsikan sebagai senjata, yaitu ‘Keris Papua’, sejenis alokasia endemik Teluk Wondama (Gunung Wondiboy), Papua Barat….

Dalam perjalanan pertama ke Kab. Teluk Wondama, tidak terpikir untuk membawa oleh-oleh jenis tanaman ini dari sana. Sebenarnya bukan karena tidak terpikir, tapi lebih karena waktu kepulangan yang betul-betul mendadak. Bagaimana tidak disebut mendadak, ketika sedang makan gado-gado siang hari di rumah makan dekat pelabuhan, tiba-tiba melihat Kapal Papua 5 yang akan berngkat ke Manokwari sore harinya. Walhasil, kami pontang panting beres-beres pakaian supaya tidak tertinggal kapal.

Dari pengalaman tersebut, perjalanan kedua kami ke Teluk Wondama, di awal-awal kami, diantara kesibukan kami sempatkan untuk hunting anggrek dan tanaman khas ini, Keris Papua. Kami hunting ke daerah Rado, di mana banyak warga setempat yang membudidayakan anggrek. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Rp 100.000,00 sampai Rp 3.000.000,00. Alhasil, saya berhasil membawa beberapa bibit Keris Papua. Sampai hari ini, yang saya tanam di rumah sudah memiliki 4 (empat) daun, dan tumbuh subur….

Ini dia gambarnya ketika dipersiapkan untuk dibawa dari sana. Foto terakhir insya Allah menyusul…

Keris Papuakeris papua (2)
Keris Papua

hunting keris

Hari Ahad kemarin sempet lihat ada dipamerkan di Bandung, harganya dibanderol Rp 500.000,00 satu pot…

hmmmm……

Ukuran daun yang tumbuh di Bandung alhamdulillah lebih besar dari yang aslinya…

My Keris Papua 01
My Keris Papua 01
My Keris Papua 02
My Keris Papua 02

Maha Suci Allah yang menciptakan Bumi dengan segala isinya…

23 Januari 2009..

Tadi malam, setibanya di rumah, baru teramati ternyata posisi daun yang paling muda dan paling besar itu berubah antara siang dan malam. Ketika siang hari, daunnya agak ‘jatuh’, alias posisinya miring. Sedangkan menjelang maghrib, posisi daun tersebut tegak seperti halnya daun yang baru tumbuh, vertikal menjulang ke atas… SubhanAllah…

6 thoughts on “Keris….

  1. Mungkin ndak kalo keris papua dapat tumbuh sendiri ? istilahnya kalo orang jawa tukulan keris papua. Ceritanya gini aqkan beli tanaman hias kuping gajah kijang trus kuping gajahnya trus layu. lama kemudian kira2 1 bulanan awalnya sih kukira tumbuhan penggangu trus aq biarin lama kelamaan kuk tumbuh kayak keris trus. menyusul tanaman hias kuping gajah kijang lalu aq cari tanaman hias tersebut ternyata keris papu. Mungkin ini hadiah dari Tuhan YME. kalinya. trus aq mau nanya harga keris papua di pulau jawa kisaran berapanya tepatnya ? TQ

    1. Setahu saya, di Papua banyak mitos terkait keberadaan tanaman ini. Saya sendiri lebih percaya bahwa tanaman keris papua adalah salah satu karya Allah swt bagi manusia, yang tentunya perlu kita pelihara.
      Saya pernah nanya harga tanaman ini dalam satu pameran di Bandung, ditawarkan Rp 350.000 per tanaman.
      Tetapi, kira2 dua bulan kemudian, dalam pameran tanaman di tempat yang sama, saya berhasil mendapatkannya dengan harga Rp 30.000 saja (mungkin ini jenis yang sudah dibudidayakan setempat).
      Jadi, sekarang saya ada dua keris papua di rumah, satu asli dari Papua, satu peranakan Bandung, ha ha…

    1. Betul, dinamakan Keris Papua, karena bentuknya seperti keris, asalnya dari Papua. Daun tidak terlalu keras, tapi juga tidak lembek. Ukuran daun bevariasi. Punya saya di rumah ukurannya kira-kira panjangnya 40 cm, lebar 8 – 10 cm. Saya pernah lihat yang lebih besar di Jayapura.
      Sejauh ini, setahu saya ada 4 macam Keris Papua ini dengan bentuk daun yang hampir sama. Ada yang batangnya berwarna hijau, ada yang batangnya berwarna hijau berbintik-bintik, ada yang batangnya berwarna gelap (hitam), dan satu lagi ada yang batangnya hitam dan bagian bawah daunnya berwarna keperak-perakan, seperti ada lapisan lilinnya.

  2. Wah bisa untung gede tu Pa kalo beli 100rb dijual 500rb..!!
    Lihat bentuknya kok mirip anthurium ya ! Selamat menjelajah setiap sudut tanah air…hehehee..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s