Angkot Mogok, kasian putriku…

“Abi, Kaka bobo dulu ya, cape abis jalan dari bunderan Cibiru sampai rumah, tadi angkotnya aksi mogok…” itu sms terakhir Nada, putri pertama saya sebelum dia (mungkin) tertidur siang ini….

Rupanya isu angkot-angkot Cicadas – Cibiru akan mogok sehubungan rencana operasionalisasi TMB (Trans Metro Bandung) sepanjang Jl Soekarno – Hatta, Bandung jadi juga dilaksanakan, Hari Senin ini.

Memang, setiap rencana senantiasa ada pro dan kontra. Kalau dilihat dari sisi efektifitas angkutan masal, mestinya TMB ini bisa berkontribusi terhadap pengurangan kemacetan lalu lintas di Kota Bandung, khususnya di daerah Selatan (Cibiru sampai Cibeureum). Kenapa saya berani mengatakan berkontribusi positif, jika ditinjau dari berkurangnya jumlah kendaraan (kecil) yang menggunakan badan jalan. Sejauh mana efektifitasnya, tentunya beliau-beliau yang terlibat dalam perencanaan TMB ini bisa menjelaskan lebih jauh. Hanya saja, saya pribadi sempat bertanya-tanya, apakah betul akan bisa mengurangi kemacetan? Mengingat ternyata bis yang digunakan bukan bis besar seperti Trans Jakarta, tapi bis sebesar Metro Mini. Padahal sebagian jalur ini sudah dilayani oleh bis ukuran ini (jalur Majalaya – Cililin).

Kalau TMB ini dipaksakan karena alasan administratif, akan berakhirnya tahun anggaran 2008, kok rasanya terlalu mudah ya menyelesaikan masalah kemacetan kota dengan urusan administrasi saja…

Apapun keputusan pemerintah, saya berharap itu dilandasi oleh semangat perbaikan bagi SEMUA warga masyarakat Kota Bandung tercinta ini, termasuk para sopir angkutan kota (angkot) dan keluarganya, juga jangan sampai harus mengakibatkan seorang murid SD berjalan kaki sejauh lebih dari 2 km di siang bolong…..

kata Bang Haji, ” T E R L A L U…..”

3 thoughts on “Angkot Mogok, kasian putriku…

  1. 1. Anak sekokah jadi korban supir angkot
    2. Supir angkot mogok karena ada isu
    kebijakan baru
    3. Kebijakan baru untuk menyelesaikan
    masalah sosial masyarakat
    (transportasi dan kemacetan)
    4. Kalau tidak ide (perubahan) maka
    pemda tidak kreatif
    5. kok ujung2nya mencari kambing hitam, eh iya kambing hitam kan habis disembelih. hehehe pis ah.
    Di tempat abdi mah teu aya mogok angkot margi arngkotana wareuteuh [oot=”on”]

  2. hidup adalah perbuatan …..
    jadi inget laskar pelangi .. deh untuk kaka ga ketemu seekor buaya … tapi di kota ada yang lebih bahaya dari buaya yaitu arus lalu lintas yang banyak masalah ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s