Potret bangsaku?

Dalam perjalanan pulang menuju Bandung kemaren sore (18 Mei 2008), kami yang ada di mobil terheran2 melihat antrian mobil arah Bandung di tanjakan setelah simpang exit Toll Padalarang. Setelah diperhatikan, rupanya di arah berseberangan (arah Jakarta) ada sebuah truk pengangkut sayuran sedang berhenti. Entah karena apa, muatannya berserakan di jalan. Di belakang truk tersebut beberapa mobil patroli sengaja berhenti untuk mengamankan lalu lintas.

Yang membuat hati ini miris adalah melihat sibuknya orang-orang (dugaan saya adalah warga sekitar lokasi yang menyaksikan kejadian itu) membawa lari barang-barang yang berjatuhan tersebut ke pinggir jalan toll, bukan untuk dirapikan, tapi untuk dibawa oleh mereka masing-masing, alias DIJARAH!!!. Saya lihat sopir dan kernet truk hanya bisa saling pandang dengan mata sedih melihat kejadian tersebut. Sungguh sial nasib mereka. Sudah jatuh tertimpa tangga.

Timbul pertanyaan, sudah sedemikian miskinkah masyarakat kita sehingga harus menjarah barang yang jelas-jelas milik orang lain? Sudah sedemikian miskinkah nurani mereka, sehingga rela menyakiti sesama orang Indonesia yang sedang ditimpa musibah? Bukannya dibantu, eh, malah dijarah!!! Ya Robbi…..

Petugas yang ada di situ juga tidak berbuat banyak. Hanya bisa menyaksikan kejadian tersebut. Hiks……

Inilah salah satu potret bangsa kita saat ini. Sedih memang, tapi, yuk, kita bisa berbuat, dalam skala dan kapasitas apapun dari kita untuk bisa berbuat, supaya kejadian-kejadian serupa di atas tidak terulang lagi…

Bandung, 19 Mei 2008, menjelang 100 th Hari Kebangkitan Nasional.

One thought on “Potret bangsaku?

  1. ya itulah sebagian kecial bangsa kita, jangan warga “miskin” warga yang “kaya” pun, jarahannya lebih besar lagi.

    Ternyata yang paling miskin itu yang paling banyak menjarahnya. Siapa ya….

    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s