Jawa Barat bagian Selatan….

Ribut-ribut isu pemekaran Jawa Barat Utara membuat saya jadi teringat-ingat tentang pengalaman perjalanan menyusuri Jawa Barat Selatan mulai dari Lakbok, Pamarican, Majingklak, Langkap Lancar, Cimerak di Kab. Ciamis, dan Cipatujah, Cikalong (Tasikmalaya). Sayang tidak dapat mengikuti tim yang meneruskan ke pesisir selatan Garut, Cianjur, dan Sukabumi.

Melihat potensi yang sedemikian besar, di JabSel ini, ketersediaan lahan, kesuburan tanah, posisi strategis, dan bermacam manfaat lain yang bisa digali dari kawasan ini, mestinya bisa menarik perhatian investor untuk menanamkan modalnya di kawasan ini.

Pertanyaannya, sebenarnya, sejauh mana kawasan JabSel ini bisa dimaksimalkan? Potensi apa yang bisa dikembangkan di kawasan yang masih asri ini.

Ada pengalaman menggelikan ketika tim bermaksud mengambil jalur tembus dari Langkap Lancar (Kab. Ciamis) ke Salopa (Kab Tasikmalaya). Setelah memasuki satu jalan yang diyakini merupakan jalan yang benar, berjalan selama kira2 1 jam, akhirnya kami putuskan untuk bertanya kepada salah seorang pemilik warung.

“Punten, dupi ieu leres jalan ka Salopa?” ….. (Permisi, ini betul jalan ke Salopa?)

“Leres, mangga we teras, paling ge tilu kilo deui” jawabnya. …(betul, silakan terus aja, paling juga tiga kili (km) lagi…).

Maka kamipun meneruskan perjalanan. Setelah sekitar 2 jam berkendaraan, kami khawatir tersesat, akhirnya bertanya lagi ke salah seorang penduduk yang kami temui, dengan pertanyaan yang sama. Ajaibnya, jawabannya pun sama, bahwa itu memang betul jalan menuju ke Salopa, dengan jarak yang “paling ge tilu kilo deui”… Dengan keyakinan dan semangat yang meningkat, kamipun lanjutkan perjalanan sampai sekitar 2 jam. Ketika kami beranya dengan pertanyaan yang sama untuk ketiga kalinya kepada salah seorang ibu yang kami temui sedang bekerja di halaman rumahnya, kamipun mendapatkan jawaban yang sama, tinggal tiga kilometer lagi…. Dengan agak kesal, salah seorang rombongan paling senior sempet bertanya dengan nada agak tinggi, “Kumaha ieu teh, ti tadi ngan tilu kilo deui tilu kilo deui! Mana nu bener?” …(Gimana sih, dari tadi tiga kilo lagi tiga kilo lagi… mana yang bener?) Si ibu dengan enteng menjawab…. “duka atuh” (tau dah…)

Kesimpulan: angka 3 merupakan angka yang disukai…..

(to be continued…)

9 thoughts on “Jawa Barat bagian Selatan….

  1. @ Rizts: yaa…. gitu deh… he he he…
    @ Awan : “3 kilo” teh klo bahasa arab mah, angka “7” yang berarti jamak kali ya? he he he..
    @ Hendy: Alhamdulillah gak kehabisan bensin Hen, cuma ban belakang sobek kena batu tajem (boro-boro diaspal jalanna teh..)… dah gitu, gak bawa kunci roda lagi…. mantap deh… lumayan nyampe 2 jam nunggu mobil yang lewat gak ada yang pas, ada juga Elf, Truk… setelah naek ojek, kira2 setengah jam, baru nyampe desa terdekat yang ada penduduknya yang punya mobil n kuncinya cocok…. wah, seru deh, indah untuk dikenang, tidak indah untuk diulang….(kecuali kalo proyek, he he he…)

  2. @ Ritzd: yaa…. gitu deh… he he he…
    @ Awan : “3 kilo” teh klo bahasa arab mah, angka “7” yang berarti jamak kali ya? he he he..
    @ Hendy: Alhamdulillah gak kehabisan bensin Hen, cuma ban belakang sobek kena batu tajem (boro-boro diaspal jalanna teh..)… dah gitu, gak bawa kunci roda lagi…. mantap deh… lumayan nyampe 2 jam nunggu mobil yang lewat gak ada yang pas, ada juga Elf, Truk… setelah naek ojek, kira2 setengah jam, baru nyampe desa terdekat yang ada penduduknya yang punya mobil n kuncinya cocok…. wah, seru deh, indah untuk dikenang, tidak indah untuk diulang….(kecuali kalo proyek, he he he…)

  3. Hahahhaaa…tong aneh Dian, da di kampung mah sok kitu..! Janten emut keur jaman baheula basa sok hiking..! Mun naros urang kampung mah jawabanana sok kieu “Tos caket..paling ge sakilo meter deui..” Skala jarak menurut urang kampung mah sakilo meter teh sami sareng sapuluh kilo meter..meureun..nya..! Da harita ge dugi ka ‘ngaroroncod’ sampean, tapi nu di tuju mah teu dugi-dugi..!! Eta Dian untung we teu kaseepan bensin..!! Kuma mun seep bensin pas di tengah leuweung, jauh kaditu kadieu, bari jeung kaburu kawengian..?? Kabayang we sangsarana..!!

  4. Etamah jaman kapungkur, jarak teh asa tebih… kumargi jalannya tarahal tur masih teu acan kawas ayeuna, ukuran jaran 3 km sanes ukuan jarak tempuh tapi jarak perkiraan… hehehe wilujeng “mengembara” ah.. ke tilu kilo deui….😀

  5. Atuda panginten kirang diperhatoskeun, janten kumaha atuh?? Lembur sim abdi (Lakbok kapungkur mah, ayeuna lebet ka Purwadadi saparantos aya pemekaran wilayah) oge masih keneh kitu, pami mudik teh leuleutakan we. Janten asa wajar panginten aya pemekaran teh. Panginten Ciamis we anu kasieunan kumargi janten kirang pendapatan daerahna nya😀. Punten ah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s