Taliwang tanpa ayam taliwang …

Perjalanan dari Mataram menuju Taliwang cukup melelahkan, bulan Juli bukan merupakan musim hujan sehingga udara relatif lebih panas dibanding bulan lain. Setelah 3,5 jam berkendaraan, kami tiba di pelabuhan ferry menjelang maghrib. Berhubung kapal belum siap, kami putuskan untuk shalat di musholla yang ada di dekat gerbang pelabuhan.

Kapal ferry yang menghubungkan P. Lombok dan P. Sumbawa tidaklah sebesar kapal yang biasa menyeberangkan kita dari P. Jawa ke P. Sumatera di Selat Sunda. Kapasitas angkut tentunya lebih kecil. Alhamdulillah kami akhirnya masih mendapat kamar di salah satu penginapan di Taliwang, ibukota KSB, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Suasana kota masih terlihat ‘hidup’, masih terlihat beberapa aktifitas di tempat-tempat tertentu. Bahkan ada satu dua toko pakaian yang masih buka walau jam sudah menunjukan pukul 22.00. Kotanya tidak terlalu ramai, bangunan didominasi oleh hunian, satu atau dua lantai.

Geliat pembangunan terlihat sangat aktif, terbukti dengan sedang dibangunnya Kawasan Pusat Pemerintahan Kemutar Telu, dan penyebaran fungsi-fungsi kegiatan yang diharapkan dapat menjadi generator kawasan yang baru di lokasi tersebut.

Satu hal yang rasanya kurang pas, sampai saya tiba kembali di Mataram, saya tidak berkesempatan menikmati Ayam Taliwang yang terkenal itu. Penganan tersebut malah kami nikmati ketika berada di Kota Mataram…

Salah satu sudut di Taliwang

20 thoughts on “Taliwang tanpa ayam taliwang …

  1. @aristataliank pelopo tu bukan dari susu sapi tapi kerbau…kl dari susu sapi gk bisa jadi pelopo.
    ditaliwang emang gk akan ketemu orang yg jual ayam bakar taliwang mas krna gk ada yang bakal beli, tp kl silaturrahmi ke rumah2 dan minta dibuatkan ayam bakar taliwang pasti dapat. orang2 yang dikampung taliwang itu asalnya dari taliwang juga, buktinya masih ada bahasa taliwang yang digunakan disana.
    lain kali datang lebih lama ke taliwang…

  2. ya jelas mas, di Taliwang ga da ayam taliwang, karena ayam taliwang asalnya bukan dari kota Taliwang, KSB, melainkan dari desa Karang Taliwang, Mataram, Lombok. Saya dulu juga mengira kalau awam Taliwang berasal dari kota Taliwang hehehehee… Jadi kalau mau nyobaik ayam taliwang, pergilah ke desa Karang Taliwang, Mataram. masih ada yang mempertahankan resep asli taliwang disana. Rasanya dijamin Yuuumiiiiiiiii……..

  3. Pingback: Car
  4. Memang yang paling tersohor adalah Ayam taliwang sampe2 aku tiap kenalan dengan org2 selalu yang disebut kalo nggak ayam taliwang,ya madunya,ya susu kudanya…
    tapi kalo yang memang lagi melancong ke taliang alias taliwang jangan lupa juga untuk mencoba psal/spatnya karena disumbawa sendiri masakan ini tak kalah enaknya dengan ayam taliwang..
    dan yang pasti masakan ini tidak akan di temukan di kota2 lain..
    salam

    dari penggemar kuliner juga

    —–
    Memang waktu 5 hari dengan agenda kerja gak cukup untuk menikmati kuliner di sana…..
    Semoga masih ada lain waktu untuk menikmatinya….
    Tks infonya… (admin)

  5. selamat siang om…

    nama “PELOPO” gak tau juga sech sejarahnya kenapa namanya sampai pelopo…pokoknya uda dari sononya kali….

    tepat…tapi bahan yang paling mendasar hanya dua saja…

    pertama “JADI” susu sapi murni.
    kedua “TERONG PARA”(terung berduri tapi sedikit langkah).

    di olahlah menjadi makanan yakni “PELOPO”

    amat loka itu berada tepat didalam wilayah Ibukota Kabupaten Sumbawa Barat yakni Taliwang.

    letaknya yang startegis dan mudah dijangkau oleh kendaraan apapun…tx

    1. Tks Mas infonya… berarti betul ya itu yang saya makan tempo hari di Taliwang… memang masih banyak yang perlu dicoba, he he he…. semoga kesempatannya masih ada…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s